♥FoLLow My BloG♥

Cara Install Linux Debian 6.0


 
Salam semua!
Saya  ini budak baru belajar..so nak share ilmu sedikit.
Kita tak boleh kedekut ilmukan.
Itulah sebab saya buat blog tutorial yang tak seberapa nak bertutorial sangat ni!!.
Khas untuk kawan-kawan yang baru nak belajar macam saya ini...saya sebenarnya dah belajar cara install dan guna debian ni masa sijil dulu,.kira nyer imbas kembali lah diploma kena belajar balik..sikit-sikit ada yang dah lupa..huhu..jom kita sama-sama belajar ^_^..

Hari ini saya mahu ajar cara buat cara install DEBIAN 6.0.

Perkara Penting Yang Diperlukan:-

*Iso debian versi net-install ( http://kambing.ui.ac.id/iso/debian/6.0.0/i386/iso-cd/debian-6.0.0-i386-netinst.iso )
*Usb flashdisk minimal 512 MB     

Langkah-langkah install

1. Setting BIOS supaya booting dari CD Drive. Save BIOS dan restart PC.

2. Setelah PC restart maka akan terus booting ke flashdisk dan akan keluar paparan seperti ini : Pilihlah Install atau Graphical Install . Tekan Enter.

3. Jika proses berhasil maka anda akan berhadapan pada menu berikut ini, yaitu menu memilih bahasa/language. Kalau saya akan memilih English. Jika anda menyukai bahasa lain anda bebas memilih di menu ini. Jangan lupa memilih continue setelah memilih.


4. Proses berikutnya adalah menu memilih negara/country. 


5. Anda  akan ditanya Locales/Lokasi. Pilihlah United States ( en_US.UTF-8 ) yang umum digunakan. Klik Continue jika sudah memilih.

6. Menu berikutnya adalah Konfigurasi keyboard. Pilihlah American english kerana umumnya keyboard yang ada dipasaran adalah American English keyboard.

7. Klik Continue pada tahap

8. Dan ikuti proses yang berjalan.

9.  Menu yang berikutnya adalah menu konfigurasi network ( Configure the network ). Pada menu ini kita akan dihadapi pada menu hostname. Isilah hostname anda. seterusnya pilih continue.

10. Pada menu berikutnya anda akan dihadapi nama domain (domain name). Jika anda tidak memiliki nama domain debian.com/org/gov/ac/id maka kosongkan saja dan pilih continue.

11.  Menu berikutnya adalah menu Root ( Administrator kalau di windows. Di Linux, administrator dikenal dengan nama Root. Pada menu ini kita diperintahkan memasukan Pasword admin/root. Masukan pasword anda. Dan jangan lupa akan password ini karana password root yang nanti anda perlukan jika anda akan setting/megubah sistem Linux. Supaya tidak lupa catat saja di note anda. Jangan lupa untuk memasukan ulang password anda pada kolom bawah ( Re-enter password to verify ). Klik continue untuk seterusnya.

12. Menu berikutnya adalah menu User. Pada menu ini kita diperintahkan untuk menambah user baru. User disini lah yang nanti menjadi user pertama pengguna Linux di Debian. 
Pilih Continue.Maka akan keluar menu untuk memasukan nama username (username), karana anda sebelumnya sudah memasukan nama fullname maka usernamenya menyesuaikan nama fullname anda.   Langsung pilih saja continue.

13. Menu berikutnya adalah memasukan password bagi username anda. Masukan password anda. Untuk alasan keselamatan, ada baiknya password ini anda isi berbeza dengan password admin/root yang sebelumnya sudah anda isi pada tahap 11. Jangan lupa untuk memasukan ulang password pada kolom dibawahnya lagi (re-enter password to verify. Klik continue.

14.  Berikutnya adalah menu memilih Zone waktu wilayah (Time Zone). Klik Continue untuk seterusnya.

15. Menu selanjutanya adalah menu Partisi (Partition Disk) atau menu memilih Hardisk yang anda pilih untuk install. Ada 4 pilihan.

Guided -Use entire disk = Jika anda memilih ini maka seluruh hardisk akan dihapus dan partition akan dilakukan oleh menu installer. Pilihlah menu ini jika anda memang tidak memiliki data lain dihardisk, atau tidak ada sistem operasi lain sealin windows di hardisk. Dalam kata lain kalau dihardisk memang benar-benar dikhususkan untuk Debian dan tidak ada data lain maka pilihlah menu ini.

Guided -Use entire disk and setup LVM  = sama dengan diatas dengan plus fitur LVM.

Guided -Use entire disk and setup encrypted LVM  = sama dengan diatas dengan plus LVM+enkripsi.

> Manual = Pilihlah option ini jika anda memiliki Sistem operasi lain selain windows di hardisk, atau jika anda memiliki data di hardisk dan tidak ingin data anda dihapus oleh installer. Pada option ini kitalah yang menentukan partition. Perlu berhati-hati disini. Karana itu pastikan anda faham dalam melakukan partition. Setidaknya risiko data hilang ditanggung anda sendiri. Buatlah partition dengan format ext3 dan swap dengan format swap. Namun untuk swap umumnya adalah 2 kali memori Ram. Jika memori anda 1GB maka untuk swap biasanya adalah dibuat 2 GB.

seterusnya keluar menu berikut, Pilihlah finish partitioning and write changes to disk dan klik continue. Dan pilih YES lalu continue sekali lagi.

16. Jika berhasil maka proses install sistem akan jalan.

17. Proses selanjutnya adalah proses memilih Aplikasi (Configure package manager). Menu inilah yang saya suka karana pada menu ini kita dapat memilih mirror tempat kita mendownload.



18. Klik Continue.

19. Klik Continue sekali lagi untuk melewatkan menu HTTP Proxy. Kosongkan saja dan jangan diisi jika anda tidak menggunakan Proxy untuk ke internet. Kosongkan juga jika memang anda sendiri tidak tahu apa itu proxy.

20. Proses Scanning Mirror akan dilakukan.

21. Menu berikutnya jika proses install base sistem selesai adalah menu Popularity Contest. Pada menu ini kita akan ditanya apakah kita bersedia untuk mengirim data survey program apa saja yang kita install pada debian untuk dikirim ke pihak pengguna debian. Data ini nantinya akan digunakan debian untuk keperluan riset. Untuk menu ini saya memilih NO, kemudian continue

22. Menu berikutnya adalah menu Software Selection. Pada menu ini kita akan diperintahkan untuk memilih software tambahan apa saja yang ingin kita install. Karana saya ingin sebuah paparan Graphis (GUI) dengan desktop environtment GNOME maka saya memilih Graphical desktop environtment dan standar system utilities.

23. Biarkan proses selesai. Sampai keluar menu Terakhir yaitu menu Install Grub Loader (man-db).

24. Pada menu install Grub Loader ini anda wajib memilih Menu YES agar Linux dapat terbaca pada hardisk anda.

25. Klik Continue.
26. Proses Install Selesai Klik Continue untuk reboot.


27. Beberapa saat komputer akan reboot. Pastikan anda mencabut Flashdisk anda. Kemudian setting ulang BIOS agar booting dari hardisk kembali. Linux debian anda siap digunakan. Login dengan nama dan pasword yang sudah anda isi sebelumnya pada menu username dan Password.

Ini lah screenshoot Debian 6 saya :

Untuk Pengetahuan Semua ^_^
 
Debian adalah sistem operasi (SO) bebas untuk komputer. Sebuah sistem operasi adalah kumpulan program-program dasar dan utiliti yang membuat komputer Anda berjalan.
Debian pertama kali diperkenalkan oleh Ian Murdoch, seorang mahasiswa dari Universitas Purdue, Amerika Serikat, pada tanggal 16 Agustus 1993, Nama Debian berasal dari kombinasi nama mantan-kekasihnya Debra dan namanya Ian.
Debian hadir tentunya dengan beberapa kelebihan dan kekurangan, salah satunya yaitu system SO jenis ini jarang sekali down
 
Selamat mencuba!! =D


Teng read my entry.Plz like n Give Comments